Lunturkah Jiwa Nasionalisme Kaum Milenial di Masa Pandemi?

Akibat dari pandemi Covid-19 pemerintah telah mengubah pola pembelajaran secara masif. Kondisi demikian tentu membuat kebijakan pemerintah untuk menyiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi. Termasuk dalam dunia pendidikan. Kegiatan proses belajar mengajar yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka tetapi sekarang berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau daring.

Terkait dengan pembelajaran daring, pendidik harus tetap menjalankan proses pembelajaran walaupun tidak bertatap muka. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan surat edaran nomor 36962/MPK.A/HK/2020 agar seluruh kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun kampus perguruan tinggi harus menggunakan metode daring (dalam jaringan) sebagai upaya pencegahan terhadap perkembangan dan penyebaran Covid-19 (tirto.id).

Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar. Meski telah disepakati, cara ini menuai kontroversi. Keadaan ekonomi yang memburuk, pemerintah malah mengalihkan pembelajaran melalui media online. Hal tersebut menambah beban bagi masyarakat yang kurang mampu karena  keadaan ekonomi yang tidak memungkinkan. Apalagi, tidak semua kalangan terpelajar memiliki gawai. Meski demikian, hal tersebut tidak menjadi alasan untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Caranya, guru dapat membuka les privat dan harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Guru harus mampu memberikan contoh serta mempraktikkan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dengan menanamkan sikap nasionalisme dengan menghargai kebinekaan, serta bangga sebagai bangsa Indonesia. Meskipun siswa melaksanakan pembelajaran daring tetapi rasa nasionalisme itu tetap tumbuh dan dilaksanakan di rumah dengan cara menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu wajib nasional sebelum pembelajaran dimulai pada setiap hari senin. Selain itu, generasi milenial harus tahu bahwasanya pahlawan nasional Indonesia dapat mendorong mindset untuk lebih maju.

Untuk meningkatkan kecintaan atau rasa nasionalisme pada generasi milenial sebagai penerus bangsa, perlunya penerapan atau pengimplementasian nilai-nilai pancasila dalam dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita sebagai generasi milenial yang tentunya menjadi harapan bangsa ini kedepannya, dengan menanamkan semangat pancasila pada diri kita. Sarana untuk meningkatkan rasa nasionalisme di hati dan diri kita sebagai wujud manifestasi untuk bangsa Indonesia.  Karena pancasila merupakan jati diri bangsa ini atau sebagai instrumen yang fundamental bangsa Indonesia.

Default image
Admin
Articles: 205

Tinggalkan Balasan