KEBAKARAN HOTEL DI ACARA RAKORNAS JAKARTA 2022 TIDAK MEMBUAT SEMANGAT DUTA DAMAI SUMATERA UTARA PADAM UNTUK MELANJUTKAN ACARA SAMPAI SELESAI

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Duta Damai Dunia Maya BNPT RI yang dilaksanakan di Hotel Ibis Style Gajah Mada, Jakarta pusat mengalami musibah pada Selasa (27/12) adalah malam pertama dari keberangkatan Duta Damai Se-Indonesia yang harus melanjutkan kegiatan esoknya di Kantor BNPT yang berlokasi di Sentul, Bogor. Duta Damai Sumatera Utara mendapatkan kamar di Lantai 6 (Dewi,Wulan dan mayang) dan Lantai 3 ( Fadhly dan Alfred).

Anggota duta damai sumatera utara (Wulan dan Mayang) pada pukul 02:10 dini hari belum tidur karena ingin menghangatkan diri dengan skuteng karena cuaca jakarta waktu itu cukup dingin. Berawal dari suara alarm yang diduga suara handphone dan tv, selanjutnya Anggota Duta Damai Sumut menghubungi pihak resepsionist untuk menanyakan kenapa ada suara alarm dan mendapat jawaban” Sebentar kami cek ya kak” karena sudah bunyi 3 kali,Anggota Duta Damai Sumut yang berada di kamar 621 membuka pintu kamar untuk mengecek sumber suara alarm itu.

Ternyata setelah membuka pintu seluruh area depan kamar hotel sudah penuh dengan asap. Wulan dan mayang menjadi orang pertama yang sadar atas kejadian itu langsung mengetuk pintu kamar lainnya lalu berteriak dan menginfokan di grup whatsapp agar teman-teman duta damai lain tau bahwa telah terjadi kebakaran. Duta damai sumatera utara dan Duta Damai Papua turun bersama dari lantai darurat yang tidak jauh dari kamar tanpa memikirkan barang yang telah dibawa namun hanya memikirkan keselamatan seluruh duta damai se-indonesia.

Setelah turun di lobby, kami melihat api yang keluar dari lift hotel. Saat berada di luar hotel, duta damai sumatera utara berusaha menghubungi teman-teman duta damai regional lain agar segera keluar dan menyelematkan diri dari hotel. Teman-teman duta damaipun satu persatu keluar dari hotel dan saling menenangkan dan meyakinkan kalau kita semua akan baik-baik saja. Namun 5 orang dari Duta Damai Jawa Timur dan Duta Damai NTB harus dilarikan ke Rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindak lanjut karena jatuh pingsan dan mengalami sesak nafas.

Syukurnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Beberapa teman Duta Damai Regional lain juga kehilangan barang berharga yang tidak dapat diselematkan pada malam itu. Duta Damai Sumatera saling menjaga satu sama lain dan memastikan kalau satu sama lain dalam keadaan baik-baik saja. Setelah 1 jam kejadian kebakaran berlangsung, seluruh peserta Rakornas diarahkan untuk pindah ke hotel Ibis Style Harmoni yang berada dekat dari hotel yang mengalami kebakaran tersebut.

Seluruh pesertapun dipersilahkan untuk istirahat dan menenangkan diri, namun kondisi diri banyak sekali yang mengalami trauma pasca kejadian tersebut. Pukul 07:00 WIB pihak BNPT RI mengarahkan untuk datang ke hotel Ibis Style Gakah Mada untuk mengambil barang yang tertinggal di kamar hotel dengan diwakilkan satu orang setiap regional. Perwakilan Duta Damai Sumatera Utara pun pergi kehotel bersama Duta Damai Regional lainnya, sesampai dihotel pihak hotel memberitahu ada beberapa barang yang sudah diselematkan oleh pihak hotel.

Namun kamar dari Duta Damai Sumatera Utara belum masuk kebagian yang sudah diselemati. Perwakilan Duta Damai Sumatera Utarapun meminta izin kepada pihak hotel untuk mengambil barang langsung kelokasi kamar hotel. Ketika naik ke lantai 6 yang melewati tangga darurat terlihat tangga darurat dalam keadaan yang sangat rusak dan hancur.

Foto tangga darurat pasca kebakaran Hotel Ibis Style Gajah Mada Jakarta (27/12)

Saat sampai di lantai 6 yang merupakanpusat dari kebakaran tersebut, aroma semerbak asap dan api yang belum terbekar secara keseluruhan masih sangat menyengat pada waktu itu.Kabel-kabel listrik di area atas hotel berjatuhan, kamar-kamar hotel tampak basah dan dinding -dinding hotel tampak hitam karena asap dari kebakaran tersebut.

Foto keadaan kamar Hotel 608 Ibis Style Gajah Mada, Jakarta (27/2)

  Setelah melakukan pemeriksaan kekamar hotel,syukurnya keadaan barang Duta Damai Sumatera Utara aman tanpa ada yang rusak dan hilang. Namun, beberapa teman dari Duta Damai Regional lain mengalami kehilangan dan kerusakan barang berharga. Dari kejadian tersebut Duta Damai se-indonesiapun saling memberi kekuatan satu sama lain bahwa semuanya bisa melanjutkan acara sampai 30 desember 2022 dengan baik. 
   Barang yang telah di evakuasi langsung dibawa ke Hotel Ibis Style Harmoni untuk bersiap melanjutkan kegiatan di Kantor BNPT yang berada Sentul, Bogor.

Walau karena kejadian ini kami hadir terlambat namun kami semua tetap semangat untuk tetap menghadiri acara tersebut.

Foto bersama Seluruh Duta Damai se-Indonesia di kantor BNPT, Bogor (27/12)

Default image
Duta Damai Sumut
Articles: 4

Tinggalkan Balasan