Ini Tips Mengatur Diri Agar Lebih Bijak Bertindak saat Emosi

Setiap orang pasti pernah merasakan emosi atau bad mood yang tidak normal. Suasana hati akan diwarnai dengan hal-hal yang tidak positif. Dan semangat akan menurun pada aktivitas sehari-hari.

Setiap orang pasti pernah merasakan emosi atau bad mood yang tidak normal. Suasana hati akan diwarnai dengan hal-hal yang tidak positif. Dan semangat akan menurun pada aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, kamu yang hari ini memiliki banyak masalah harus mengendalikan emosi agar tidak merugikan diri kamu sendiri di waktu yang akan datang. Nah, ini beberapa tips yang bisa kamu coba!

1. Ambil Nafas Dalam-dalam
Ketika sedang marah, atur pernafasan kamu supaya menurunkan emosi yang sedang memuncak. Kamu hanya perlu bernafas dalam-dalam dari hidung dan hembuskan dari mulut selama satu menit.

2. Beri Waktu untuk Berjalan
Ambil beberapa waktu untuk menjalankan olahraga atau mendengarkan lagu favoritmu. Hal itu akan membantumu untuk menangkan saraf dan mengurangi sifat mudah marah.

3. Bersyukur
Calain lain adalah bersyukur. Luangkan waktu kamu sejenak untuk fokus, lalu coba bersyukur. Cara ini akan membantu kamu mengendalikan amarah.

4. Hitung Mundur Waktu
Saat terpancing emosi, cara sederhana meredakannya kamu bisa mencoba untuk menghitung mundur dari 100. Dari waktu mundur itu dapat membantu detak jantung melambat dan rasa kemarahan pada dirimu akan mereda dengan sendirinya.

5. Memilih Diam
Diam juga menjadi kunci amarah tidak semakin membesar. Tidak selalu harus menuruti perasaan marah untuk membara. Diam bisa menahan emosi yang sedang hadir pada diri kamu.

Penulis: M. Rio Fani
Ilustrator: Fadhly Zee

Default image
Admin
Articles: 206

Tinggalkan Balasan