Gundaling Farm: Pasteurisasi Susu Sapi Andalan Berastagi

Tidak kalah dengan agrowisata Bandung, yakni Farmhouse Lembang. Berastagi juga memiliki tempat unik yang menjadi sebuah wisata andalannya, yaitu Gundaling Farm atau Pasteurisasi* Susu Sapi Berastagi. Seperti namanya, tempat ini merupakan peternakan sekaligus pasteurisasi susu sapi yang populer di kalangan wisatawan. Jangan ditanya lagi, destinasi ini sangat cocok bagi para traveller yang suka jalan-jalan dan mengabadikan momen perjalanannya, serta mencicipi rasa manis olahan susu sapi yang bisa dijadikan es krim.

Sebelum menilik lebih jauh, mari kita kenali dulu rute untuk menuju ke tempat tersebut. Lokasi Gundaling Farm berada di kawasan strategis yaitu di ruas jalan Pendidikan, Jaranguda, Simpang Pelawi, Berastagi, Kabupaten Karo. Tanpa harus menggunakan Google Maps, kita tidak akan kesasar karena jalan yang dilewati hanya satu jalan saja dan cukup apik bagi kendaraan apa pun karena tidak berlubang di sepanjang jalannya.

Dilansir dari TravelingMedan, Senin (19/10/2020), Gundaling Farm sendiri satu kawasan dengan PT. PIMS (Putera Indo Mandiri Sejahtera) yang merupakan pengelola resmi Pasteurisasi Susu Sapi Berastagi. Sejak tahun 2005, animo wisatawan yang cukup tinggi membuat PT. PIMS semakin berbenah dan berusaha memanjakan pengunjung.

Walaupun demikian, di tengah masa pandemi COVID-19, tempat ini menjadi objek wisata yang laris di kalangan keluarga. Hal itu karena tempat makan yang dinamai Gundaling Restaurant Farmstead menyediakan menu yang tidak terlalu mahal, hanya mulai dari Rp30.000 per item. Tidak sampai menguras gaji di awal bulan bagi anak indekost. Kemudian, di lokasi ini para wisatawan juga akan dimanjakan dengan kenikmatan udara yang sejuk, karena tepat berada di bawah kaki Gunung Sibayak.

Para pengunjung juga bisa langsung menyaksikan pemberian makan sapi-sapi dan juga menyaksikan peternakan sapi secara langsung. Dari informasi yang disampaikan, setidaknya saat ini ada sekitar 1.200 ekor sapi yang diternak oleh pengelola Gundaling Farm. Namun, saat ini karena masih pandemi COVID-19, objek wisata tetap dibuka dengan beberapa keterbatasan, seperti 25% sampai 50% pengunjung saja yang diperbolehkan.

Dengan menyesuaikan kondisi saat ini, lokasi tersebut juga menyediakan imbauan untuk tetap menjaga jarak serta menerapkan protokol kesehatan. Di lokasi juga ditemukan beberapa tabung air yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan sebagai langkah menerapkan protokol kesehatan secara optimal.

Peternakan ini juga menjadi wisata edukasi kepada masyarakat, pelajar hingga mahasiswa yang ingin mempelajari proses peternakan terhadap sapi serta cara ¬mengelolanya. Bisa dikatakan, Gundaling Farm merupakan peternakan sapi terbesar yang ada di Sumatera Utara sampai saat ini. Terpenting, yang paling harus diketahui adalah pukul berapa dan sampai pukul berapa wisata ini buka bagi wisatawan.

Diketahui bahwa peternakan sapi ini mulai buka sejak pagi dari pukul 10.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB. Kecuali untuk restoran, tutup sekitar pukul 20.00 WIB. Sedangkan untuk hari besar atau pun hari libur, destinasi wisata ini akan tetap buka dan setia menyambut kedatangan para wisatawan yang ingin melihat, mengabadikan, dan mengetahui rasa serta proses peternakan sapi secara langsung. Maka dari itu, hal ini jawaban kenapa wisata tersebut menjadi andalan Kota Berastagi.

Penulis: M. Rio Fani



*Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikrob pada makanan. (Wikipedia: 2020)

Default image
Admin

Tinggalkan Balasan