FKPT Sumut Ajak Guru PAI Gaungkan “Harmoni dari Sekolah”

DUTA DAMAI SUMUT, Deliserdang (22/8) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Utara gelar kegiatan seminar sehari bertema “Harmoni dari Sekolah: Integrasi Nilai-nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam Menumbuhkan Harmoni Kebangsaan”, Kamis (22/8) di ruang Sky Ballroom Lantai 6, Hotel Miyana Deliserdang.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini yaitu Dr. Hj. Andi Intang Dulung, M.H.I.(Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT), Prof. Dr. Syahrin Harahap (Tokoh Agama Sumatera Utara), Dr. Zulkarnaen Nasution MA (Ketua FKPT Sumatera Utara), dan Daruri (Tim Narasumber Agama BNPT).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BNPT untuk terus aktif berperan dalam mencegah dan menanggulangi permasalahan radikalisme dan terorisme. Sebagaimana sambutan dari Ir. Hamli, M.E. Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Direktur Pencegahan
yang pada kesempatan kali ini disampaikan oleh Dr. Hj. Andi Intang Dulung, M.H.I.

“BNPT dalam perannya menanggulangi terorisme menjalankan dengan tegas dan melakukan penanggulangan secara lunak. Kegiatan Harmoni dari Sekolah, Integrasi Nilai-nilai agama dan budaya di sekolah dalam menumbuhkan harmoni kebanggsaan merupakan kegiatan penanggulanan secara lunak.”

Dalam sambutannya Ketua FKPT Sumatera Utara, Bapak Zulkarnaen Nasution MA juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menyamakan persepsi radikalisme dan terorisme di antara para guru baik dari tingkat TK/PAUD/RA, SD/MI, hingaa SMP/MTs, sehingga kita mengetahui bahaya dari ancamannya, dan dapat pula mencegah penyebarannya. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis.

“Pada hari ini sebagian guru-guru agama di Sumut mendapat pendidikan mengenai perkembangan terorisme. Semoga dengan adanya kegiatan ini kita bisa menciptakan harmoni, aman, nyaman dan hidup tenang di kabupaten Deliserdang,” katanya.

Acara seminar berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama pemaparan materi Bahaya Terorisme dan Radikalisme serta Penanggulangannya, dan Guru anti radikalisme yang masing-masing disampaikan oleh Dr. Hj. Andi Intang Dulung, M.H.I.(Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT), dan Prof. Dr. Syahrin Harahap (Tokoh Agama Sumatera Utara).

Sesi kedua pemaparan materi Mencegah Penyebaran Radikalisme di Lingkungan Sekolah, dan Penyusunan RPP Inspiratif “Harmoni dari Sekolah” yang masing-masing disampaikan oleh Dr. Zulkarnaen Nasution MA (Ketua FKPT Sumatera Utara), dan Daruri (Tim Narasumber Agama BNPT).

Selain menggelar kegiatan seminar sehari, untuk lebih mendengungkan gaung “Harmoni dari Sekolah” FKPT juga mengajak para guru agama yang ada di seluruh Indonesia untuk berkreasi dan berkompetisi menciptakan RPP inspiratif dan video pembelajaran dengan tema “Harmoni dari Sekolah”. Adapun yang menjadi sub tema adalah kebangsaan, keberagaman, kearifan lokal, toleransi, damai itu indah, cinta tanah air, dan tabayyun (melawan hoaks).

Selain untuk meningkatkan kompetensi guru, pembuatan RPP inspiratif juga sangat membantu siswa untuk dapat berpikir kritis, demokratis dan humanis.

Hal itu merujuk pada apa yang disampaikan oleh pembicara terakhir, Bapak Daruri sebelum beliau menutup pemaparannya.

“RPP inspiratif mampu menggerakkan siswa untuk berbuat, mampu menginspirasi siswa untuk melakukan, mampu membuat siswa penasaran sehingga mereka berusaha dan lebih giat, mampu diaplikasikan dengan menyenangkan, kritis, demokratis, dan humanis,” pungkasnya. (AM)

Admin

Tinggalkan Balasan