5 Langkah Jitu Menjadi Milenial Cinta Tanah Air

Kehidupan berbangsa dan bernegara tidak terlepas dari genggaman erat kehidupan sehari-hari. Mengapa demikian?

Sebagai manusia yang terlahir di bumi ibu pertiwi, tentunya menjadi hal pokok untuk saling menerima segala perbedaan yang ada. Perbedaan agama, budaya, etnis, pola hidup, suku serta ciri khas daerah yang merupakan keindahan dan keberagaman yang harus kita syukuri.
Indonesia mempunyai keberagaman yang begitu khas dibandingkan negara-negara lain. Tentunya keberagaman dan kekayaan tersebut patut kita syukuri dan kita cintai serta wajib tertanam pada jati diri seseorang sebagai penguat diri untuk bergerak lebih maju.

Rasa cinta tanah air adalah rasa yang wajib ada pada setiap warga negara terutama pada generasi muda milenial. Generasi muda adalah generasi penerus yang bergerak ke arah perubahan yang lebih baik dan akan mengembangkan segala potensi untuk memajukan bangsa dan negaranya. Tentunya untuk memajukan hal tersebut harus diiringi dengan rasa cinta yang mendalam serta hati yang tulus agar apa yang dilakukan dapat mencapai suatu titik atau tujuan yang ingin dicapai.

Dan untuk itu kita sebagai generasi muda milenial harus totalitas dalam memajukan perkembangan kemajuan bangsa dan negara.

Berikut 5 langkah jitu yang dapat kita lakukan agar menjadi milenial yang selalu cinta tanah air.

1. Mengingat Jasa Pahlawan
Tidak dengan hal yang mudah bangsa ini berdiri. Tetesan keringat, tenaga, bahkan kucuran darah merupakan hal yang dikorbankan para pahlawan demi kemerdekaan dan tegaknya negara yang indah ini. Pahlawan dari setiap daerah, seluruh wilayah nusantara dahulu bergerak berjuang serta berperang dalam mengusir penjajahan. Semua tidak lain dan tidak bukan hanyalah untuk melihat para anak cucu mereka merdeka. Tentunya sebagai generasi muda kita harus mengingat jasa pahlawan yang telah bersusah payah untuk memperjuangkan kemerdekaan bumi Ibu Pertiwi.

2. Mengambil Peran dan Langkah
Langkah besar adalah langkah yang dimulai dari awal. Tentunya sebagai pemuda harus mengambil peran dan langkah di masyarakat agar menjadi penggerak lebih maju. Sebagai pemuda milenial kita dapat berperan untuk belajar, mengisi kegiatan bermanfaat, mengikuti aktivitas yang dapat mengembangkan potensi diri dan bidang untuk berperan ke masyarakat banyak. Segala kontribusi peran serta akan menjadikan pemuda milenial yang kuat, dan juga akan menjadikan pemuda yang selalu mempunyai kebanggan serta cinta terhadap tanah air.

3. Bersikap Patriotis
Dalam menggapai cita-cita serta tujuan, seseorang tentunya akan melakukan segala usaha serta pengorbanan diri agar hal tersebut dapat tercapai. Memiliki jiwa patriotis merupakan sikap yang berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Berkorban tenaga, diri, pikiran, waktu untuk menjadikan bangsa lebih baik dan maju merupakan titik yang harus dicapai. Seorang pemuda milenial harus mempunyai rasa semangat yang tinggi dalam mengorbankan segalanya untuk mencapai apa yang menjadi cita-cita bangsa ke depan. Seorang pemuda harus bergerak aktif penuh motivasi dalam menjalani proses tersebut. Rasa siap berkorban akan menjadikan pemuda tangguh, hebat yang menjadikan pemuda milenial yang semakin cinta tanah air dalam mencapai apa yang dicita-citakan para pendiri bangsa terdahulu

4. Menjaga Kerukunan
Tidak bisa dipungkiri bahwa kita adalah makhluk sosial yang juga hidup berdampingan dengan orang lain. Saling membutuhkan, memahami merupakan hal dasar yang harus ditanamkan dalam kehidupan sosial. Semua tentunya berharap dapat hidup dengan tenteram, damai, dan sikap toleran. Segala perbedaan harus menjadikan seorang pemuda bijaksana dalam menanam kerukunan. Menjaga kerukunan akan membuat seorang milenial cinta terhadap tanah airnya. Bahwa segala yang ada merupakan keberagaman serta keindahan yang harus dijaga dan dirawat secara bersama-sama.

5. Bersyukur
Orang hebat sering mengatakan bahwa “mulailah dengan syukur, maka hari-harimu penuh dengan kekayaan serta keindahan” Segala yang dianugerahkan oleh yang maha kuasa begitu indah. Hal tersebut adalah yang utama yang harus diingat oleh siapa pun terutama generasi muda penggerak kemajuan bangsa. Indonesia mempunyai berbagai macam kekayaan yang begitu indah. Tentunya kita telah mengetahui segala potensi seperti keindahan panorama laut, pegunungan, hutan, pantai, danau, dan aliran sungai yang begitu indah mengalir menenteramkan diri. Potensi sumber daya alam nan kaya seperti minyak, hutan, emas, perak, dan juga lainnya, seluruhnya adalah titipan yang dianugerahkan oleh sang maha kuasa kepada negara kita sang Ibu Pertiwi. Tentunya rasa syukur adalah mutlak yang harus ada agar kita mempunyai rasa cinta tanah air dan yang akan menjadikan kita pemuda yang menebar cinta dan manfaat pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Penulis: Muda Darmawan

Admin

Tinggalkan Balasan