free page hit counter

3 Trik Cerdas Pra Belanja Online

3 Trik Cerdas Pra Belanja Online
Oleh : Isma Hidayati

Toko online kian makin menjamur dipenjuru dunia. Apalagi sekarang sedang sibuknya mempersiapkan diri sebelum memasuki era industri 4.0, yang jelas semua akan beralih pada teknologi dan internet. Lumrah pula banyak yang memilih berbelanja online. Selain mudah, juga tidak perlu repot untuk melangkahkan kaki ke toko dan memilah produk apa yang hendak dibeli. Hanya dengan modal smartphone dan internet dan duduk santai, produk yang kita inginkan sudah ada tercatat lengkap dengan harganya. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan Cash On Delivery (COD) atau bayar ditempat, dan bisa melalui transfer via rekening.
Sayangnya, konsumen produk online tak jarang merasa kecewa atas barang yang diterimanya. Seperti yang dilansir dari Republika.co.id pada September 2017 silam, berdasarkan survei yang dilakukan Shopback, berkisar 62,9 % konsumen merasa barang yang dibeli tidak sesuai produk yang ada difoto.
Jika diulas pada setiap toko online, akan tampak ulasan komentar dari para komentar, biasanya konsumen yang membeli baju atau fashion-lah banyak merasa bahwa produk beda dengan difoto yang ada. Tak bisa saling salahkan, konsumen menyalahkan toko yang barangkali dianggap  tak jujur dalam berjualan, dan produsen menyalahkan konsumen yang tak cerdik dalam memilah barang.
Maka diperlukannya peringatan dini untuk diri sendiri bagaimana menjadi konsumen yang lebih cerdas dalam berbelanja online. Ada beberapa poin yang harusnya diperhatikan sebelum berbelanja online. Gunanya, ialah untuk berkurangnya pengaduan konsumen atas kekecewaannya terhadap produk online.
1. Cek-Ricek Toko
Tak hanya sebuah berita atau tulisan yang hendaknya di cek ulang kebenarannya, tapi juga dalam berbelanja online. Anggap saja, ini sebagai sikap suudzon (buruk sangka) terhadap toko. Tak melulu buruk sangka itu tak baik, karena dengan diawali berburuk sangka, maka kita akan semakin kuat niatnya untuk mengetahui apakah toko tersebut valid, atau baik untuk dijadikan pilihan kita berbelanja. Mudah saja, hanya dengan mencari sosial media nama toko tersebut. Pastinya ini penting untuk menghindari penipuan dari toko palsu.
2. Jangan Tergiur dengan Barang Murah
Darimana orang tahu kalau kualitas barang tersebut bagus selain melalui harganya? Ada yang berdalih, Makin mahal harga, makin bagus barang. Pun ada pula yang berujar, Harga tak menjamin kualitas barang. Benar saja bahwa barang murah yang selalu diincar konsumen ternyata juga tak baik untuk selalu kita beli.
Intinya, jangan mudah tergiur dengan barang yang harganya murah. Bisa jadi itu barang second yang dijual dengan harga murah namun tampilan kelihatan baru. Sebab inilah banyak konsumen merasa kecewa atas barang yang dibelinya, padahal jika ditanya kenapa beli di toko ini, ternyata jawabnya ialah karena harganya murah.

3. Lihat Testimoni
Inilah sebab kita dituntut untuk membudidayakan membaca. Ternyata ilmu literasi juga dipakai dalam berbelanja online. Yang mana menjadi konsumen cerdas juga harus membaca sampai tuntas dan menelaah maksud dari komentar di toko tersebut, yaitu dengan melihat testimoni (penilaian konsumen lain) terhadap barang tersebut. Apakah lebih banyak yang berujar barangnya bagus, atau barangnya zonk, itu semua tergantung konsumen bagaimana menilainya.

Dengan kita memperhatikan hal-hal kecil sebelum berbelanja online, tentu kita tidak lagi mendapat kecewa. Jadilah konsumen yang cerdas, bijak dan tak melulu menyalahkan. 3 trik diatas dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan