3 Hal yang Harus Diketahui tentang Covid-19

DUTA DAMAI SUMUT – Banyak informasi yang beredar di dunia maya perihal Covid-19, setiap media (baik yang kredibel maupun yang diragukan kredibilitasnya) begitu gencar mengunggah pemberitaan terkait Covid-19 ini. Tentunya akan menjadi ancaman dan ketakutan di tengah khalayak apabila informasi-informasi yang diberitakan tidak memiliki nilai kebenaran (informasi palsu/hoaks). Tidak sedikit media atau katakanlah buzzer yang memang sengaja menggoreng isu Covid-19 (yang sedang tren) untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya dengan modus mula-mula memberi informasi yang terkesan menakut-nakuti untuk sekadar meraup popularitas hingga akhirnya menjual iklan atau produk-produk kesehatan yang sedang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan materi.

Menghadapi persoalan di atas tentunya kita sebagai masyarakat harus cerdas menyikapi informasi yang beredar. Untuk mendapatkan informasi yang benar terkait Covid-19 kita bisa merujuk laman www.covid19.go.id.

Dikutip dari laman tersebut berikut 3 hal yang harus diketahui tentang Covid-19.

  1. Apa yang Perlu Dilakukan Bila Sakit
    Gejala utama infeksi virus Corona adalah demam, rasa lelah dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare, gejala-gejala yang dialami biasanya bersifat ringan dan muncul secara bertahap. Segera kontak sarana kesehatan untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.
    Jika Anda sehat, namun dalam 14 hari terakhir Anda melakukan perjalanan ke negara terjangkit COVID-19 atau merasa pernah kontak dengan penderita maka segera Hubungi Hotline Center Corona 119 ext 9.
  2. Cara Mengurangi Risiko
    Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir adalah pertahanan pertama dari serangan virus Corona. Terapkan social distancing/physical distancing, dan hindarkan kerumunan untuk mematikan mata rantai penyebaran. Selain itu dapatkan juga panduan terbaru dari para ahli.
  3. Cari Informasi yang Benar
    Covid-19 adalah penyakit baru dan para ahli masih terus meneliti sejauh mana keganasan dan tingkat penyebarannya. Informasi berubah dengan cepat dan banyak informasi menyesatkan beredar di masyarakat. Seperti yang dijelaskan di atas sebagai masyarakat kita harus cerdas menyikapi informasi yang beredar. Untuk mendapatkan informasi yang benar terkait Covid-19 kita bisa merujuk laman www.covid19.go.id.
Admin

Tinggalkan Balasan