free page hit counter

4 TIPS JAGA KESEHATAN SAAT CUACA PANAS MELANDA KOTA MEDAN

Beberapa hari belakangan Kota Medan dilanda cuaca ekstrem. Suhu panas di Medan ini bisa mencapai 37 derajat Celcius. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mengingatkan masyarakat Kota Medan dan sekitarnya untuk mewaspadai suhu panas yang dapat diperkirakan akan terjadi sampai beberapa hari kedepan. Warga Medan sendiri mengeluhkan suhu panas yang terjadi saat ini bahkan penggunaan pendingin di ruangan juga tidak dapat mengurangi rasa panas yang menyengat. Untuk itu, ada 4 tips menjaga kesehatan saat cuaca panas melanda.

1. Konsumsi Air Mineral Secukupnya
Cuaca yang panas paling enak jika kita mengonsumsi minuman dingin secara terus menerus. Tapi tahukah kamu, jika mengonsumsi minuman dingin saat cuaca panas juga tidak baik bagi kesehatan. Akan ada dampak buruk setelah kamu mengonsumsi air dingin di cuaca panasseperti masalah pencernaan, mengurangi detak jantung, sinus dan sakit kepala.

2. Gunakan Masker atau Pelindung Tubuh
Ketika berada di luar ruangan, kamu perlu menggunakan masker dan pelindung tubuh seperti jaket. Mengapa? Agar panas yang menyengat tidak langsung menyentuh kulitmu. Tidak hanya itu masker akan melindungimu dari debu-debu yang beterbangan dan jaket akan menstabilkan suhu tubuhmu saat cuaca panas.

3. Gunakan Sunscreen Saat di Luar Ruangan
Pentingnya sunscreen untuk kulitmu sangatlah efektif. Di tengah cuaca ekstrem seperti saat ini, penggunaan sunscreen sangatlah diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi diri dari risiko kerusakan kulit.

4. Olahraga Minimal 5 Menit
Olahraga pada saat cuaca panas boleh dilakukan. Selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga dilakukan untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh. Olahraga ini bisa kamu laukan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Meskipun cuaca panas, tubuhmu perlu dikasih
asupan olahraga 5 menit agar tetap sehat.

 

Default image
Duta Damai Sumut
Articles: 63

Tinggalkan Balasan