Pandemi Covid-19 sampai saat ini belum juga mencapai titik akhir, terkhusus di negeri kita Indonesia. Walaupun grafik penurunan korban terpapar/positif semakin hari semakin baik, tetap tidak menjamin keadaan telah kembali normal. Anjuran bekerja dari rumah masih berlaku hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kegiatan-kegiatan seminar yang mengumpulkan audiens dalam jumlah banyak juga dihentikan sementara waktu.

Bertemu untuk menggelar kegiatan seminar atau diskusi memang dilarang saat ini, tapi tidak perlu khawatir akan hal itu, sebab sudah ada solusi untuk mengatasinya. Boleh jadi kita menyebutnya temu virtual. Pertemuan yang berlangsung dalam jaringan. Memanfaatkan fasilitas internet dan aplikasi yang mendukung (tinggal unduh) dengan fitur mudah dan canggih, kita bisa berdiskusi layaknya pertemuan di dunia nyata. Beberapa instansi sudah menerapkan temu virtual ini, tidak terlepas di dunia pendidikan, seperti ujian akhir, seminar proposal, ujian meja hijau, dan bahkan beberapa universitas melaksanakan wisuda secara virtual.

Apakah Sahabat Damai juga melakukan temu virtual pada masa pandemi ini? Aplikasi apa yang biasanya kalian pakai? Nih, kita mau infokan beberapa aplikasi yang mendukung temu virtual, antara lain zoom, instagram/facebook live, google hangouts meet, whatsapp video call, skype, facetime, slack, dan cisco webex.
Beberapa aplikasi yang disebut di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi kalau kalian mau coba menggunakannya sebaiknya pelajari dulu satu per satu ya, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Ingat, kalian hanya perlu siapkan baterai gadget dan kuota internetnya ya. Hehehe.