Home Berita Damai Penutupan Rakernas FKPT, BNPT Imbau Kegiatan Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme Ditingkatkan
FKPT Sumut

Penutupan Rakernas FKPT, BNPT Imbau Kegiatan Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme Ditingkatkan

FKPT Sumut
FKPT Sumut

DUTA DAMAI SUMUT – Rakernas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang berlangsung sejak 17 Februari 2020 di Jakarta resmi ditutup pada Rabu (19/2). Penutupan yang dipimpin oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, berlangsung khidmat dan disambut penuh semangat oleh para peserta.

Dalam sambutannya, Beliau berharap kegiatan yang telah dilaksanakan menghasilkan rumusan strategis sebagai upaya melaksanakan kegiatan pencegahan terorisme di daerah pada masa yang akan datang.

Beliau juga menegaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan momentum berharga dalam mewujudkan kehadiran negara di tengah masyarakat untuk berperan serta dalam pencegahan terorisme.

Selanjutnya Beliau menyinggung PR besar yang mesti diselesaikan yaitu rendahnya keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pencegahan terorisme.

“Berikutnya yang perlu menjadi PR bagi kita bersama adalah masih rendahnya angka keterlibatan masyarakat dalam kegiatan pencegahan terorisme melalui FKPT. Diakumulasi secara nasional baru 7,93%. Namun demikian, anggota masyarakat yang tersentuh program memiliki kontra radikalisme yang lebih baik dengan skor 24,96 dibanding 10,54 yang belum tersentuh program,” paparnya.

Beliau menyimpulkan kegiatan pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme melalui FKPT terbilang cukup efektif, hanya saja kurang menyentuh ke seluruh daerah, terutama kabupaten/kota. Oleh karena itu, perlu dilakukan membangun jaringan di semua lini, terutama awak media. Dengan harapan pelibatan masyarakat dapat meningkat.

“Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelibatan masyarakat dalam pencegahan terorisme melalui FKPT ternyata cukup efektif. Akan tetapi, kurang meluas ke seluruh daerah, khususnya di kabupaten/kota. Kenyataan ini harus memacu kita semua yang hadir di sini untuk lebih meningkatkan kinerja dan semangat membangun jaringan di semua lini, terutama dengan awak media. Sehingga di tengah segala keterbatasan, aktivitas kita dapat diketahui masyarakat di daerah dengan bantuan dari media massa baik online maupun offline,” tuturnya.

Akhirnya sebelum menutup sambutan, Beliau tidak lupa mengajak para pengurus FKPT untuk saling mempererat silaturahmi dan meningkatkan koordinasi demi mencapai tujuan dan hasil yang baik dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

“Bersama akan kita hadapi segala tantangan. Melalui momentum rakernas FKPT ini kami mengajak bapak/ibu pengurus FKPT untuk terus mempererat silaturahmi dan meningkatkan koordinasi. Jangan sampai ada satu atau dua pengurus bergerak tanpa sepengetahuan pimpinan, seperti yang sempat terjadi pada masa kepengurusan sebelumnya. Penting disadari bahwa kita satu kesatuan yang terpimpin dan terorganisir dengan baik,” pungkasnya. (AM)

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More