DUTA DAMAI SUMUT – Tiga wilayah berpenduduk besar di Provinsi Sumatera Utara, yakni Kota Medan, Kota Binjai, dan Kabupaten Deliserdang atau yang dikenal sebagai kawasan Mebidang, bersatu dan saling bersinergi dalam upaya mengatasi penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina pada Jumat (15/5).

“Kerja sama pemerintah kawasan Mebidang ini penting dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di daerah ini,” ujar Sabrina.

Mebidang dijadikan sebagai fokus perhatian penanganan penyebaran pandemi covid-19 karena merupakan kawasan yang rawan. Data yang terhimpun saat ini kawasan Mebidang memiliki kasus Covid-19 cukup tinggi di Sumatera Utara, mencapai 75%.

Adapun upaya yang dilakukan yakni operasi pembagian masker di tiga wilayah tersebut. Pemprov Sumut bersama dengan Pemerintah Kota Medan, Binjai, dan Kabupaten Deliserdang akan membagikan masker secara gratis kepada seluruh masyarakat sebagai wanti-wanti agar mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Selain bagi-bagi masker, pemerintah juga akan memperbanyak fasilitas cuci tangan di tempat umum dan akan menerapkan physical distancing . Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pada Senin (11/5) dalam Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Wali Kota Medan, Wali Kota Binjai, dan Bupati Deliserdang. Beliau berharap peran aktif semua pihak terutama TNI, Polri, dan Satpol PP untuk menyukseskan percepatan penanganan Covid-19 ini.

“Kita juga akan perkuat penerapan physical distancing terutama di tempat-tempat yang ramai seperti pasar. Dengan bantuan semua pihak terutama TNI, Polri, dan Polisi Pamong Praja kita ingin penerapan ini berjalan lancar,” pungkasnya.