DUTA DAMAI SUMUT – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mesti bekerja atau mencari nafkah di tengah pandemi Covid-19, Duta Damai Sumut melakukan aksi bagi-bagi masker dalam upaya meminimalisir penyebaran virus mematikan tersebut.

Kegiatan bagi-bagi masker berlangsung pada Kamis pagi (16/4) mulai pukul 10.00 WIB berlokasi di Pasar Titi Kuning Medan dan sekitarnya. Sebanyak 400 buah masker dibagikan kepada para pedagang dan pengunjung pasar. Pasar menjadi titik lokasi yang dipilih karena merupakan salah satu tempat yang memiliki peluang berkumpulnya masyarakat.

Informasi tersebut dibenarkan oleh Koordinator Duta Damai Sumut, Fajar A.M. Dalimunthe melalui whatsapp.

“Hari ini kita ada kegiatan bagi-bagi masker di sekitar Pasar Tikung Medan. Ada 400 buah masker yang kita bagikan mulai jam 10 pagi. Pasar sebagai lokasi yang dipilih karena kita melihat pasar merupakan tempat yang sampai saat ini berpeluang sebagai tempat berkumpulnya orang ramai. Pedagang yang mesti berjualan untuk memenuhi nafkah sehari-hari, dan pembeli yang datang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Atas dasar itu kita berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan bagi-bagi masker ini di sana, tujuannya sebagai upaya untuk meminimalisir rantai penyebaran virus Corona,” kata Fajar.

Kemudian beliau juga menambahkan, kegiatan bagi-bagi masker ini tidak melibatkan teman-teman Duta Damai Sumut dalam jumlah banyak seperti kegiatan-kegiatan lainnya. Hal itu berkaitan dengan instruksi pemerintah yang mengimbau masyarakat untuk #dirumahaja sebagai salah satu langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Mungkin kegiatan bagi-bagi masker ini berbeda dari kegiatan Duta Damai Sumut lainnya, yang melibatkan puluhan teman-teman dan volunteer Duta Damai Sumut, kita sengaja tidak mengumpulkan teman-teman dan volunteer dalam kegiatan ini karena kita juga harus mematuhi dan melaksanakan imbauan pemerintah untuk tetap #dirumahaja sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Tapi bukan berarti mereka tidak terlibat, sebagai informasi tambahan, teman-teman Duta Damai yang berada #dirumahaja terus memproduksi konten-konten kreatif terkait Covid-19 ini, kita menamakan segmentasinya “Kawal Corona”. Adapun konten-konten kreatif yang dihasilkan berupa produk Desain Komunikasi Visual (DKV), tulisan, dan yang teranyar ada Podcast. Konten-konten tersebut semuanya tersaji dan bisa dinikmati di media sosial Duta Damai Sumut, di antaranya Website, Instagram, dan Spotify,” pungkasnya.